Seputar Tips, Informasi, Tutorial dan Hiburan

SMK BISA: Berikut Tips dan Triks Lolos SNMPTN 2018 Untuk Siswa SMK

          Tak terasa pendaftaran SNMPTN tinggal beberapa hari lagi guys!!
SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) memang disiapkan untuk masuk ke dunia kerja setelah lulus. Tetapi sebagian dari siswa SMK ingin untuk melanjutkan mencari ilmu di bangku perkuliahan. Untuk itu ada seleksi masuk perguruan tinggi negeri(SNMPTN) dan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri(SBMPTN). Mungkin semua dari kita berharap dapat lulus dari jalur SNMPTN, karena merupakan jalur seleksi tanpa melalui tes. Namun, bagi siswa SMK mempunyai peluang tidak begitu besar melalui jalur ini. Kadang kita siswa merasa kalah saing dari siswa SMA. Tapi tak apa mari susun strategi untuk lolos melalui SNMPTN.

seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri

Ini berdasarkan Pengalaman nyata saya, lulusan SMK N 3 Kudus jurusan teknik komputer dan jaringan tahun 2017. Alhamdulillah dinyatakan lolos SNMPTN pada prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer di Universitas Negeri Semarang(UNNES). Berikut beberapa tips dan triks untuk lolos SNMPTN. Check this out!!



1. Pikirkan Jurusan matang-matang!!!

Mengapa? karena nantinya kita kuliah tidak sebentar, jika kita memilih jurusan sesuai passion kita maka kita menjalaninya dengan happy, Jangan hiraukan orang bilang jangan jurusan ini....itu. Jika salah jurusan kita tidak merasa nyaman kuliah itu sungguh tidak enaakk....Soal pekerjaan nanti adalah rezeki masing-masing orang berbeda.



2. Usahakan memilih jurusan sesuai jurusan SMK

Ini akan menambah nilai tambah bagi kita siswa SMK jika sesuai jurusan. Tapi kadang"Aku mau pindah jurusan ini, ga suka jurusan SMK'. Its no problem pilihlah jurusan yang kamu sukai asalkan sesuai tips selanjutnya.



3. Memilih Jurusan Pendidikan

Jurusan Pendidikan mempunyai peluang besar menerima siswa SMK, Conthnya pendidikan teknik mesin, pendidikan teknik elektro, pendidikan otomotif, pendidikan akuntansi dll. Peluang Pendidikan lebih besar ketimbang Ilmu murni seperti Teknik mesin, Biologi, Sastra Inggris dsb. apalagi jika jurusan yang kita pilih tidak relevan sama sekali. Ada juga diterima di jurusan ilmu murni tetapi peluang tidak sebanyak di pendidikan.



4.  Memilih Universitas

 Berdasarkan data SNMPTN 2016, daya tampung dan jumlah diterima besar untuk siswa SMK pada universitas yang dulunya universitas pendidikan. Seperti Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Malang dll...Pokoknya biasanya ada nama"NEGERI" pada univ tsb. Bisa di cek di web snmptn jumlah siswa SMK diterima tinggi pada univ negeri XXX.peluang kecil pada Universitas seperti UI, ITB, ITS, Unpad dsb. Mereka kebanyakan menerima siswa SMA dari jalur SNMPTN kecuali siswa SMK tersebut bersekolah di sekolah favorit dan berprestasi.



5. Sharing dengan teman

Jika kita mempunyai teman sekolah yang memilih jurusan di universitas yang sama dia merupakan sainganmu di SNMPTN. Maka univ akan memilih yang lebih baik dari kalian. Berbeda dengan jika kita dan teman sekolah memilih di jurusan yang berbeda di univ yang sama atau jurusan yang sama di univ yang berbeda, dia bukan sainganmu. Tapi jika dia ingin jurusan dan univ itu, tapi aku juga pengen itu???Tidak masalah jika kamu yakin nilai dan prestasi kamu lebih baik dari dia. Lets see siapa yang keterima.



6. Lihat alumni

Tanya guru BK!!alumni sekolahmu yang diterima di PTN ada dimana saja, ada berapa. PTN dengan alumni banyak mempunyai peluang besar diterima. Tapi jika tidak ada alumni jangan khawatir jika tips sebelumnya dilakuin insya Allah lolos.



7. Mengukur diri sendiri

Mengukur diri sendiri sangatlah penting jika kita benar-benar ingin diterima lewat jalur SNMPTN. Seberapa nilai rapor kita, ada prestasi atau tidak, sekolah kita favorit atau tidak, bagaimana akreditasinya karena di luar sana banyak sekali orang yg juga mengincara ptn. Jika merasa diri kita bagus maka boleh memilih univ top, tetapi jika diri kita biasa-biasa saja maka pikir dua kali. Pilihlah univ yang persaingannya tidak terlalu ketat. Karena dimanapun tempat kita kuliah yang terpenting adalah kembali diri masing-masing.



8. Usahakan pilihan satu atau dua di SNMPTN memilih  Universitas di Provinsimu

Sering kita mendengar Universitas X mengutamakan putra putri daerah. Hal ini memang tidak bisa dipungkiri bebrapa PTN memang mementingkan putra putri daerah. Meskipun banyak dari luar provinsi yang diterima jauh masih lebih banyak presentase putra putri daerah.



9. Menentukan pilihan 3 di SNMPTN

Pilihlah di pilihan 3 yang persaingannya tidak ketat. Agar jika pilihan satu dua tidak lolos masih ada peluang diterima di pilihan 3 meski kecil.



10.  Beroda dan memperbanyak ibadah

Merupakan unsur terpenting yang menentukan kamu diterima atau tidak. Banyaklah berdoa dan ibadah, memperbanyak ibadah sunnah seperti puasa senin kamis, dengan syarat tetap diniati mencari pahal dan ridho Allah. Selalu minta dan tidak lelah mengingatkan orang tua khususnya ibu untuk mendoakan kita karena doa ibu langsung didengar Allah. Tak lupa untuk meminta doa orang-orang di sekitar kita agar semakin banyak yang mendokan



11. Pantau Terus web SNMPTN

Dari situlah kita tahu persaingan tahun lalu dan tahun sebelum-sebelumnya. Melihat daya tampung, presentase diterima, perbandingan dll. Follow up terus agar kalian tidak ketinggalan berita SNMPTN. Kalian akan menyesal jika terlewat berita apalagi itu penting misalnya deadline terakhir pendaftaran.



12. Tetap belajar giat untuk SBMPTN

Agar kita bisa berjuang lagi masuk ptn yaitu lewat SBMPTN. Maka dari itu walau kita mengharap SNMPTN tetap mempersiakan hal buruk yaitu jika kita tidak lolos jalur SNMPTN. Meskipun nantinya kita diterima kita tidak akan menyesal karena sudah mendapat ilmu dan merasakan perjuangan serta pengalaman untuk SBMPTN.


sekolah menengah kejuruan


Share Untuk Teman SMK



GOOD LUCK AND FIGHT FOR PTN

9 Responses to "SMK BISA: Berikut Tips dan Triks Lolos SNMPTN 2018 Untuk Siswa SMK"