Kudus adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Ibukota kabupaten ini adalah Kota Kudus. Kabupaten Kudus berbatasan dengan Kabupaten
Pati di timur, Kabupaten Grobogan dan Kabupaten
Demak di selatan, serta Kabupaten
Jepara di barat. Kudus merupakan kota yang menyimpan
banyak sekali pesona. Mulai dari bangunan, tempat sejarah, fasilitas dan
infrastruktur serta keindahan alam yang luar biasa. Tersebar di berbagai daerah
di Kudus.
Kudus dikenal sebagai kota penghasil kretek (rokok) terbesar di Jawa Tengah. Tak salah jika terdapat Museum Kretek tak jauh
dari pusat Kota Kudus. Disana kita dapat mengetahui kretek yang digunakan pada
zaman dahulu. dan juga dikenal sebagai kota santri. Kota juga dikenal dengan pusat perkembangan agama Islam pada abad
pertengahan. Hal ini dapat dilihat dari adanya makam walisongo yang sangat
tersohor bagi umat Islam, yaitu Sunan Kudus dan Sunan Muria. Terdapat Masjid Menara Kudus yang artistik dan indah
sebagai tempat wisata dan didekatnya merupakan makam Sunan Kudus. Sangat cocok
sebagai tempat wisata religi. Kudus memiliki Taman Oasis dan Gerbang Kudus Kota
Kretek sebagai ikon Kabupaten Kudus yang unik. Sebagai tempat belajar sejarah
terdapat Situs Pati Ayam yeng berisi berbagai fosil zaman purba.
Keindahan alam juga tak kalah dari
bangunan-bangunannya. Kudus memiliki beberapa desa wisata yang layak dikunjungi
contohnya Desa Wisata Colo, Desa Wonosoco dan Desa Rahtawu. Jika di luar negeri
ada Green Canyon, di Kudus juga terdapat Gray Canyon yang berupa perbukitan
hasil galian yang sangat cocok sebagai tempat hunting foto.
Luar biasanya lagi terdapat Gunung Muria yang beberapa
puncaknya sebagai spot hiking yang menantang. Tak sedikit orang mengunjungi
puncak untuk mendaki dan menikmati keindahan Kudus dari atas.
Sayangnya sejuta potensi tersebut belum maksimal dalam
hal promosi. Banyak yang belum mengenal wisata di Kudus, mungkin hanya dari
Kudus dan sekitarnya saja yang mengetahui dan pernah mengunjungi tempat
tersebut. Wisatawan luar Kudus tidak tahu mana tempat yang harus dikunjungi dan
bingung sehingga akhirnya malas dan tidak tahu sepenuhnya potensi yang ada.
Karena belum maksimalnya promosi dan pengelolaan wisatawan luar yang
berkunjung.
Untuk mengembangkan
potensi tersebut saya mempunyai gagasan Kudus Explore Based Community (KEB.Com).
Sebuah komunitas terdiri dari pemuda dari Kudus sendri dan wilayah sekitarnya
yang mencintai dan mengetahui seluk beluk Kota Kudus. Sebagai wadah promosi,
pengelolaan dan pengembangan objek-objek wisata di Kudus. Sebagai sebuah usaha
yang bertiugas mempromosikan, melayani, memandu, menyediakan tempat menginap
bagi wisatawan yang telah memesan. Wisatawan jadi tak bingung dan tak susah
karena KEB.Com ini nantinya akan mengantarkan dan memandu secara full time ke
semua objek yang diinginkan sampai mereka merasa puas dengan destinasi di Kudus
sesuai paket yang dipesan.
Tentunya KEB.Com ini
membutuhkan dukungan, peran dan andil pemerintah di dalamnya, baik dinas
pemuda, pariwisata dan komponen lain yang bergerak membentuk komunitas ini.
Mulai dari rekruting, pembinaan, pengembangan skill, realisasi sampai evalusai
dan perbaikan pemerintah bertanggung jawab. Warga Kudus juga harus mensukseskan
dan mendukung program ini setelah dilakukannya sosialisasi. Dibantu teknologi
seperti website dan semua media sosial sebagai ajang sosialisasi dan promosi
bagi komunitas. Layaknya seperti organisasi yang mempunyai tugas dan fungsi
masing-masing pada semua lini yang dibutuhkan serta memiliki sebuah base camp
sebagai pusat koordinasi dan pertemuan komunitas. Niscaya jika pengelolaan baik
secara biaya, fasilitas, perawatan dan kepuasan pelanggan maksimal, hal
tersebut akan memajukan Kota Kudus pada bidang pariwisata yang berimbas pada
peningkatan ekonomi dan taraf hidup masyarakat.
Cara saya
mempromosikan destinasi wisata tersebut tentunya diawali dengan mulut ke mulut.
Memperkenalkan dan mengajak baik saudara, teman dan orang lain agar tertarik
dan mengunjungi destinasi tersebut. Selanjutnya menggunakan semua media sosial
yang ada sebagai media promosi baik dari website, instagram, facebook dll. Hal
ini dilakukan terus-menerus dengan membuat berbagai program seperti diskon
biaya guide, hadiah, cendera mata, paket-paket wisata dan acara kreatif dan menarik di destinasi tersebut seperti pameran
barang khas Kudus, pameran budaya dan sebagainya. Komunitas juga bekerja sama dengan lembaga, forum dan perusahaan nasional seperi Kementrian
Pariwisata dan Pesona Indonesia. E-tourism juga digencarkan dengan membuat website
dan aplikasi online yang berisi deskripsi komunitas dan program, promosi,
foto-foto keindahan destinasis serta
melayani transaksi secara online dengan menampung diskusi dan pembayaran online
calon wisatawan. Yang terakhir adalah pengelolaan destinasi dan pelayanan yang
baik merupakan bentuk promosi, dengan hal ini wisatawan tidak bosan dan mau
berkunjung lagi serta merekomendasikan destinasi tersebut pada orang yang
dikenalnya.
0 Response to "Kudus, The Beautiful Of Central Java : Kota Kudus dan Kelebihan "
Posting Komentar